Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

KEGIATAN P5, SISWA SDN PATI LOR 04 KUNJUNGI SENTRA PEMBUATAN TEMPE

Foto siswa seusai kunjungan belajar di sentra pembuatan tempe
Foto siswa seusai kunjungan belajar di sentra pembuatan tempe

Lereng Muria – Dalam rangka Penerapan Kurikulum Merdeka khususnya pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) siswa kelas IV SDN Pati Lor 04 Kecamatan Pati Kabupaten Pati mengadakan kunjungan belajar di sentra pembuatan tempe Desa Blaru Kecamatan Pati pada hari Sabtu 11 Februari 2023 yang lalu.

Foto siswa sedang membersihkan kedelai
Foto siswa sedang membersihkan kedelai

Dengan sangat antusias anak-anak kelas IV mengikuti dan mengamati serta mendengarkan penjelasan dari Bapak Prasetyo Budi Utomo pemilik usaha pembuatan tempe. Dalam kunjungan belajar tersebut siswa mengamati proses pembuatan tempe dari pembersihan kedelai sebagai bahan baku tempe, pendinginan, peragian dan pengemasan tempe. Bahkan anak-anak diberi kesempatan juga untuk praktik mengemas tempe dengan menggunakan daun pisang.

Foto siswa sedang praktek membungkus tempe memakai daun pisang
Foto siswa sedang praktek membungkus tempe memakai daun pisang

Tujuan kunjungan belajar kali ini adalah untuk memberikan bekal dan edukasi kepada siswa agar kelak mereka bisa mengembangkan usaha dan menciptakan lapangan kerja sendiri serta bisa mandiri tanpa menggantungkan orang tua.
Kegiatan ini mendapat dukungan dari paguyuban orang tua siswa kelas IV yang selama ini telah membantu program-program yang ada di SDN Pati Lor 04. “Dalam P5 ini siswa diperkenalkan kewirausahaan, harapannya dapat mengembangkan bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong dan selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,”tutur Rika Wulandari,S.Pd. selaku Kepala SDN Pati Lor 04 Pati. Pemilihan kunjungan belajar di sentra pembuatan tempe ini dikarenakan lokasinya lebih terjangkau dan tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang bergizi tinggi serta mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,”pungkas Rika Wulandari diakhir wawancara.

Kontributor:Rika Wulandari,S.Pd.

Editor:Linn

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya