Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

SEDEKAH BUMI WONOSEKAR, SEMUA WARGA KOMPAK

Foto Kirab Budaya Sedekah Bumi Desa Wonosekar meriah
Foto Kirab Budaya Sedekah Bumi Desa Wonosekar meriah

Lereng Muria – Kegiatan adat Sedekah Bumi Desa Wonosekar Kecamatan Gembong Kabupaten Pati yang diselenggarakan pada hari Minggu 11 Juni 2023 di desa setempat berlangsung meriah. Kekompakan perangkat dan warga terlihat dari pelaksanaan Kirab Budaya dan pagelaran Kethoprak Parang Garudo dari Desa Godo Kecamatan Winong Pati. Semua RT dan komunitas mengikuti Kirab Budaya tersebut. Ada 10 gunungan yang berasal dari 10 RT. Peserta juga berasal dari IPNU, IPPNU, MTsN 3 Pati, SMP IT Insan Mulia, dan berbagai kominitas lainnya.

Foto warga pengiring Kirab Budaya kompak berpakaian tradisional Jawa
Foto warga pengiring Kirab Budaya kompak berpakaian tradisional Jawa

Start dimulai dari Dukuh Mijen menuju ke Dukuh Sekar Kulon dengan jarak sekitar 3,5 km. Warga pun antusias untuk menyaksikan acara kirab tersebut, walaupun terik matahari menyengat. “Suksesnya acara ini atas dukungan, kekompakan, rasa memiliki dan gotong royong warga Desa Wonosekar. Semoga kita selalu diberi rejeki, umur panjang, dihindarkan dari penyakit, hidup rukun dan mendapatkan rahmat hidayat dari Allah,”tutur Muh. Zaenuri, S.Ag. selaku Kepala Desa Wonosekar disela-sela sambutannya.

Foto salah satu gunungan berbentuk rumah pendopo
Foto salah satu gunungan berbentuk rumah pendopo

Gunungan yang dikirab memiliki berbagai macam bentuk, ukuran dan fariasinya. Bahkan ditambah berbagai jenis hewan di atasnya yang menambah semakin semaraknya acara Kirab Budaya. Gunungan tersebut disusun lancip ke atas yang dihiasi berbagai macam hasil pertanian di antaranya nanas, kacang panjang, sawi, gambas, terung, mentimun, jagung, apel, tebu, buah naga, sawi dan lain sebagainya. Warga sebagai pengiring gunungan pun dengan kompaknya memakai pakaian tradisional Jawa dan berjalan tertib melewati rute yang sudah ditentukan. Acara sedekah bumi dilanjutka penampilan Sandiwara Kethoprak Parang Garudo siang dan malamnya.

Korestributor:Mutiara n Warsito
Editor:Linn

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya