Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

SH TERATE MERIAHKAN WISUDA PURNAWIYATA SMPN 1 GEMBONG

Foto pesilat SH Terate tampil dalam acara Wisuda Purnawiyata SMPN 1 Gembong
Foto pesilat SH Terate tampil dalam acara Wisuda Purnawiyata SMPN 1 Gembong

Lereng Muria – Berbagai potensi dan bakat ditampilkan oleh siswa SMPN 1 Gembong Kabupaten Pati dalam rangka Wisuda Purnawiyata Siswa Kelas IX pada hari Rabu (31/5/2023) yang lalu di halaman sekolah setempat. Potensi tersebut berupa penampilan berbagai macam tari, paduan suara, rebana, solo vokal, drama kethoprak kontemporer dan lain sebagainya. Termasuk juga seni beladiri pencak silat yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate yang merupakan salah satu ektra kurikuler di SMP tersebut juga ditampilkan.

Foto pesilat SH Terate tampil dalam acara Wisuda Purnawiyata SMPN 1 Gembong
Foto tendangan B double yang atraktif dalam seni tunggal putri

Dalam acara itu SH Terate menampilkan 25 pesilatnya untuk memeriahkan suasana. Berbagai macam kategori peragakan oleh siswa-siswa berbakat tersebut yaitu jurus tangan kosong, jurus golok, jurus tunggal beregu, jurus beregu SH Terate dan 2 jurus ganda putri. Semua pesilat memakai seragam SH Terate dilengkapi dengan ikat kepala dan nyamping. Warna ikat kepalanya disesuaikan dengan jarit atau nyamping parang rusak yang dikenakan pesilat. Musik pengiring pun disesuaikan dengan gerak dan langkah dari para pesilat yaitu gamelan yang rancak dan cenderung cepat. Sehingga semakin menambah meriahnya sajian pencak silat di pagi itu. Semua pesilat dirias secukupnya sehingga kelihatan lebih bersinar dan tidak pucat.

Foto pesilat SH Terate tampil dalam acara Wisuda Purnawiyata SMPN 1 Gembong
Foto bersama sebelum tampil di acara Wisuda Purnawiyata

Berbagai macam gerakan khas SH Terate ditampilkan di atas panggung mulai dari tendangan, pukulan, hindaran, tangkapan, bantingan, guntingan dan lain sebagainya. Durasi penampilan sekitar 8 menit dihiasi dengan tepuk tangan para hadirin yang terdiri dari dewan guru, karyawan, kelas 9, wali murid dan tamu undangan. Selesai tampil di atas panggung para pesilat menyalami tamu undangan yang duduk di kursi paling depan. “Terima kasih kepada anak-anak pencak silat dan pelatihnya yang sudah memeriahkan acara Wisuda Purnawiyata ini. Penampilannya luar biasa dan memukau,”tutur Dra Istiana, M.Pd. selaku Kepala SMPN 1 Gembong diakhir wawancara.

Wartawan : Ek

Editor : Linn

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya