Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

QIKEN, PESILAT MASA DEPAN PATI

Foto Qiken Dwi Tata (kiri) meraih medali emas dan terpilih sebagai pesilat terbaik putri dalam Kejuaraan Muria Raya Open di GOR Pesantenan Pati
Foto Qiken Dwi Tata (kiri) meraih medali emas dan terpilih sebagai pesilat terbaik putri dalam Kejuaraan Muria Raya Open di GOR Pesantenan Pati

Lereng Muria- Nama lengkapnya Qiken Dwi Tata Olifia terbiasa disapa Qiken oleh teman-temannya. Gadis remaja ini terlahir dari pasangan Trisno dan Tri Indramarum 15 Juli 2009 yang lalu. Siswa kelas IX SMPN 1 Gembong Kabupaten Pati ini mulai latihan pencak silat pada waktu kelas VII. Pada waktu itu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat SH Terate di sekolahnya dibawah asuhan pelatih Eko Wahono. Karena dipandang berbakat maka diajak latihan ke Kota Pati lebih tepatnya di SMAN 3 Pati.Di tempat tersebut semua kemampuan gadis yang baru sabuk jambon SH Terate Cabang Pati tersebut diasah mulai dari pencak silat tanding sampai seni. Didukung oleh orang tua dan didampingi pelatih yang mumpuni yaitu Wisnu Tri Pamungkas, maka Qiken mengalami kemajuan pesat. Prestasi awalnya juara 3 jurus tunggal IPSI O2SN SMP tahun 2021.

Foto Qiken Dwi Tata (kanan) saat menjadi juara 1 Piala Wali Kota Semarang
Foto Qiken Dwi Tata (kanan) saat menjadi juara 1 Piala Wali Kota Semarang

Teknik dan fisiknya juga mengalami perkembangan sehingga tahun 2023 sudah tidak lagi tampil di kategori pra remaja tetapi kategori remaja. Berbagai macam prestasi diraih ketika bertanding di kategori remaja yaitu Juara 1 Grobogan Championship, Juara 1 Piala Wali Kota Semarang, Juara 1 Piala Ketua IPSI Batang, Juara 1 Sunan Kudus Championship, Juara 1 laga dan juara 3 seni tunggal IPSI Muria Raya Open serta dinobatkan sebagai pesilat terbaik putri, Juara 2 jurus seni tunggal IPSI dan juara 3 laga Krida SH Terate Cup Jawa Tengah.Gadis yang berdomisili di Desa Semirejo RT 3 RW 7 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati ini masih berlatih keras untuk meningkatkan kemampuannya di gelanggang pencak silat. “Saya berharap dapat masuk PPLOD Jawa Tengah untuk cabang pencak silat.

Foto Qiken Dwi Tata meraih medali emas  Sunan Kudus Championship
Foto Qiken Dwi Tata meraih medali emas Sunan Kudus Championship

Sehingga kemampuan saya lebih meningkat dan fokus menekuni pencak silat,”ujar Qiken Dwi Tata atlet yang bercita-cita menjadi Polwan ini. Salah satu andalan yang dimiliki Qiken adalah tendangan C atau sabit kaki kiri yang cepat dan akurat. Sulit ditangkap oleh lawan yang menghadapinya. Dan jarang pesilat memiliki kemampuan kaki kiri di atas rata-rata. Selain itu Qiken memiliki postur yang tinggi yaitu 164 cm, sehingga mudah untuk mengontrol pola permainan. Semoga bakat dan potensinya dapat berkembang lebih lanjut dan membawa nama harum SH Terate dan Kabupaten Pati di tingkatan yang lebih tinggi.

 

Wartawan : Ek

Editor : Fafa

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya