Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

EXPO PERGURUAN TINGGI DI PADATI SISWA

Foto siswa memadati ruangan Expo Pergurusn Tinggi
Foto siswa memadati ruangan Expo Pergurusn Tinggi

Lereng Muria – Hari Selasa kemarin (10/1)telah diselenggarakan Expo Perguruan Tinggi Kabupaten Pati, yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bimbingan Konseling SMA, MA, dan SMK Se-kabupaten Pati, yang dilaksanakan mulai hari Selasa, 10 Januari 2023 sampai dengan Rabu, 11 Januari 2023.

Foto siswa mengisi daftar  hadir dengan teratur
Foto siswa mengisi daftar hadir dengan teratur

Kegiatan ini melibatkan 77 perguruan tinggi yang terdiri dari, 14 perguruan tinggi negeri, 9 perguruan tinggi kedinasan, dan 54 perguruan tinggi swasta dari seluruh Indonesia.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan informasi yang lebih luas terkait dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, sehingga siswa-siswi SMA khususnya kelas 12 memiliki minat atau keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
“Tujuan acara ini untuk mengenalkan atau memberikan suatu informasi yang lebih luas kepada siswa, terutama kelas 12 terkait dengan perguruan tinggi. Karena banyak siswa yang tidak begitu mengenal perguruan tinggi, mereka hanya mengenal beberapa perguruan tinggi yang besar saja. Sehingga dengan keberadaan Expo Kampus ini setidaknya akan memberikan suatu wawasan yang lebih luas kepada mereka kepada siswa-siswi kelas 12 ataupun yang lainnya, agar mereka mengenal perguruan tinggi, dan memiliki minat dan motivasi untuk melanjutkan pendidikannya,” ujar Wahid Hidayat Ali selaku Ketua Panitia Expo Perguruan Tinggi Kabupaten Pati tahun 2023.
“Sasaran kegiatan ini bukan hanya siswa-siswi kelas 12, tapi juga siswa-siswi dibawah kelas 12, dan juga Bapak Ibu wali murid,” imbuh Wahid Hidayat Ali.Sementara itu para siswa terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan ini dengan memadati stand-stand universitas yang mereka minati. Mereka merasa terbantu dengan diadakannya Expo Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh MGMP BK Kabupaten Pati.“Menurut saya kegiatan Expo Perguruan Tinggi ini sangat membantu bagi kami para siswa untuk menambah referensi dan informasi mengenai perguruan tinggi yang dapat kami akses sesuai minat dan bakat yang kami miliki, supaya tidak salah langkah dalam memilih perguruan tinggi,” ujar Dinar, siswi SMA Negeri 1 Juwana.
Sementara itu, dari pihak perguruan tinggi juga merasa terbantu dengan adanya Ekspo Perguruan Tinggi 2023. “Karena mungkin kampus kita ini kurang dikenal publik, maka dengan diadakannya Expo Perguruan Tinggi ini kita bisa memperkenalkan kampus kita, sehingga banyak orang yang tahu bahwa kampus kita ini ada.” ujar Chintia Farahna mahasiswi universitas Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
Kegiatan Expo Perguruan Tinggi ini sangat bermanfaat baik bagi para siswa-siswi yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, maupun bagi perguruan tinggi yang ingin mengenalkan kampusnya. Maka baik panitia, siswa, maupun pihak perguruan tinggi mengharapkan Expo Perguruan Tinggi ini dapat terus berjalan pada tahun-tahun berikutnya.

Kontributor : Fatikha SMAGA

Editor : Lin

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya