Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

NIKMATNYA NASI GANDUL PAK BAKRI PUJASERA PURI PATI

Los Nasi Gandul Pak Bakri yang berlokasi di Pujasera Roro Mendut Puri Pati
Los Nasi Gandul Pak Bakri yang berlokasi di Pujasera Roro Mendut Puri Pati

Lereng Muria – Kabupaten Pati Jawa Tengah dikenal memiliki berbagai masakan khas yang sudah terkenal dan melegenda kelezatannya. Salah satunya adalah nasi gandul asli Desa Gajahmati Kecamatan Pati. Nasi gandul ini bertebaran di Kota Pati bahkan sampai diberbagai kota kecamatan di sekitarnya. Selain Gajahmati sebagai sentranya nasi gandul, di sekitar Pasar Puri Baru dan Pujasera Roro Mendut Puri Pati juga banyak dijumpai masakan khas Pati tersebut. Di Pujasera Puri Pati yang lebih tepatnya di sebelah kanan GOR Pesantenan Puri terdapat los makanan nomor 2 dari kanan yaitu Nasi Gandul Pak Bakri asli Gajahmati. Los nasi gandul tersebut mulai ada sejak berdirinya Pujasera Roro Mendut sekitar tahun 1994. Nama Pak Bakri kategori salah satu legenda penjual nasi gandul di Pati. Lapak tersebut dikelola langsung oleh menantunya Mbak Ir karena Pak Bakri sudah wafat.

Satu porsi Nasi Gandul Pak Bakri Desa Gajahmati Pati sangat menggugah selera makan
Satu porsi Nasi Gandul Pak Bakri Desa Gajahmati Pati sangat menggugah selera makan

Di lokasi tersebut Nasi Gandul Pak Bakri buka siang dan malam. Menu yang dijajakan juga lengkap seperti yang lainnya yaitu bergedel, daging, kulit, paru, otak, telur, usus, tempe dan lain sebagainya. Nasi gandul yang bersantan cenderung manis tersebut tetap dihidangkan di atas piring yang dilapisi daun pisang sebagai ciri khasnya. Ketika disinggung tentang situasi pembeli di Pujasera Roro Mendut, Mbak Ir menyatakan tetap ramai mulai siang sampai malam. “Alhamdulillaah ramai mas, terutama waktu makan siang dan malam. Banyak juga yang memesan hanya sayur saja. Dan sudah banyak pelanggan setia,”tutur Mbak Ir kepada wartawan Lerengmuria.com hari Minggu (12/5/2024).

Salah satu pelanggan Nasi Gandul Pak Bakri,   Tri Cahyono yang berasal dari Karaban Gabus sedang menikmati lezatnya masakan khas Pati
Salah satu pelanggan Nasi Gandul Pak Bakri, Tri Cahyono yang berasal dari Karaban Gabus sedang menikmati lezatnya masakan khas Pati

“Saya generasi kedua dari Pak Bakri. Selain di Pujasera Roro Mendut ini kami juga buka di Gajahmati Jln. Panunggulan. Usaha nasi gandul ini tetap kami teruskan sebagai ladang kehidupan dan memang sudah ada penggemar setia baik dari dalam maupun luar kota,”imbuh Mbak Ir. Salah satu pelanggan dari Karaban Gabus Tri Cahyono (46 tahun) yang hadir di Nasi Gandul Pak Bakri untuk makan siang, menyatakan cocok dengan masakan Nasi Gandul Pak Bakri. “Kami sering berkunjung kesini, cocok di lidah ramah di kantung. Rasanya mantap dan nganeni,”tutur Tri Cahyono. Cita rasa Nasi Gandul Pak Bakri memang lezat dan mantap serta ada sesuatu rasa yang beda dibanding penjual gandul yang lain. Nasi gandul yang ada di Kota Pati memang lezat dengan bumbu masakan yang sama tetapi cita rasa yang dihasilkan relatif berbeda.

Wartawan Ek

Editor

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya