Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

RELAWAN BANJIR DI DESA BANJARSARI

Foto bersama FRPB mengirim bantuan ke Dukuh Biteng,Banjarsari
Foto bersama FRPB mengirim bantuan ke Dukuh Biteng,Banjarsari

Lereng Muria – Pada hari Sabtu 14 Januari 2023, kami selaku pengurus PMR Wira SMAN 3 Pati periode 2022/2023 diutus oleh Bapak Eko Wahono S.Pd, M.Si selaku Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Pati untuk menjadi relawan banjir di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus. Pada Sabtu kemarin hari tampak sangat cerah, kami berangkat menuju posko pada pukul 09.30 WIB dan sampai disana pada pukul 10.00 WIB.

Foto PMR SMAN 3 Pati bersama relawan lain membungkusi nasi
Foto PMR SMAN 3 Pati bersama relawan lain membungkusi nasi

Saat sampai disana, kami melihat banyak bapak dan ibu relawan sedang memasak dan lalu kami membantu. Pada pukul 11.00, makanan untuk para korban banjir sudah matang, lalu dengan cepat kami membantu bapak dan ibu relawan yang lain membungkus nasi untuk para korban banjir. Saat dirasa nasi bungkus sudah cukup, kami diajak Bapak Kepala Dusun untuk membagikan nasi bungkus kepada warga yang terdampak banjir tersebut menggunakan perahu yang hanya dapat berisi 6 orang.

Foto Tim PMR SMAN 3 Pati terjun langsung memberi bantuan ke korban banjir
Foto Tim PMR SMAN 3 Pati terjun langsung memberi bantuan ke korban banjir

Kondisi di Desa Banjarsari sangat mengenaskan, tinggi banjir mencapai kurang lebih setengah meter. Jalan yang menjadi satu-satunya akses untuk keluar masuk sudah tidak dapat digunakan seperti sebelumnya, semuanya tertutup oleh lumut dan air yang keruh. Para warga hanya dapat berdiam diri dirumah menunggu bantuan, namun terdapat beberapa warga yang dapat keluar dan masuk desa menggunakan trasnportasi perahu kayu agar dapat melewati banjir tersebut.

Foto relawan PMR SMA 3 Pati mencuci cabe

Banjir di Desa Banjarsari sudah terjadi selama kurang lebih 14 hari, “Kurangnya selokan dan curah hujan yang tinggi membuat air menjadi sulit surut.” Ujar salah satu Bapak Kepala Dusun di Desa Banjarsari. Curah hujan yang tinggi serta terus-menerus berdampak bersar untuk para warga, salah satunya adalah sawah mereka menjadi gagal panen serta merugi banyak.

Kegiatan ini memberikan manfaat yang banyak bagi kami, salah satunya adalah menumbuhkan sikap peduli serta tolong-menolong untuk sesama. Yang kami harapkan, semoga PMR Wira SMAN 3 Pati dapat selalu diandalkan dan dibutuhkan dimanapun kami berada. Kami serta anggota PMR Wira SMAN 3 Pati akan selalu berusaha sebaik mungkin untuk berusaha membantu dan menolong sesama.

Wartawan : Ek

Editor : Lin

 

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya