Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

MAKAM SUNAN PRAWOTO DI SOKOLILO

Gerbang makam Sunan Prawoto yang terletak di Desa Prowoto Kecamatan Sukolilo Pati
Gerbang makam Sunan Prawoto yang terletak di Desa Prowoto Kecamatan Sukolilo Pati

Lereng Muria –   Merebaknya berita tentang diculiknya bos rental dari Jakarta di Desa Sumbersoko Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati menimbulkan efek negatif bagi daerah tersebut. Dibalik steriotif negatif tersebut ternyata di Sukolilo terdapat makam salah satu wali terkenal yaitu Sunan Prawoto.

Makam Sunan Prawoto merupakan salah satu makam sunan yang sering di kunjungi oleh para rombongan peziarah dari berbagai macam daerah. Makam ini terletak di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Dilaporkan dari Lingkarjateng.id Menyebutkan bahwa setiap 17 Rajab, Makam ini ramai dikunjungi oleh para peziarah di karenakan terdapat acara peringatan haul Sunan Prawoto. Haul tersebut memiliki acara yang meriah, meliputi kirab, pengajian, hingga upacara ganti kelambu.

Sunan Prawoto dilahirkan dari kalangan kerajaan. Beliau merupakan anak ketiga dari 10 bersaudara Sultan Trenggono. Nama Sunan Prawoto dikenal dengan sebutan Raden Haryo Bagus Mukmin (Raden Mukmin). Beliau juga pernah menjabat sebagai raja ke empat di Kesultanan Demak.

Sunan Prawoto melakukan dakwah menyebarkan agama Islam di Gunung Prawoto. Yang mana, beliau sangat di segani dan penuh hormat di sana. Nama Prawoto tersebut berkaitan dengan tempat yang di dakwahi. Sunan Prawoto menyebarkan agama Islam hingga pada tahun 1549. Pada tahun 1549 ia meninggal karena dibunuh oleh Rangkud seseorang suruhan dari pangeran Arya Penangsan.

 

Penulis: Tiflan Tambakromo Pati

Wartawan:ek

Penyunting:dan

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya