Logo Lerang Muria Baru 500px Hitam

GELAR P5, SISWA SMPN 1 JAKENAN BERWIRA USAHA JAJAN TRADISIONAL

Foto siswa sedang berjualan jajanan tradisional
Foto siswa sedang berjualan jajanan tradisional

Lereng Muria – Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka, SMPN 1 Jakenan Pati mengadakan Market Day Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di teras kelas sekolah setempat pada hari Sabtu 25 Februari 2023.

Pada kegiatan itu diikuti 72 stand siswa yang menampilkan jajan atau makanan dan minuman tradisional Indonesia.

Beberapa jajan tradidional yang diperjual belikan diantaranya cetot, lemet, lemper, semar mendem, nogosari, klepon, lopis, gethuk, bola-bola ubi, putu, bogis koci, pastel, tahu mercon dan lain sebagainya.

Minuman tradisional yang ditampilkan berupa kunir asem, es degan, jahe susu, dawet, cincau, kolak, susu kedelai, cendol dan lain sebagainya.

Bungkus makanan, dekorasi dan tulisan didesain oleh siswa sendiri sebagai wujud kreatifitasnya. Walaupun pagi itu di lokasi diguyur hujan gerimis tetapi siswa tetap semangat menjajakan dagangannya.

 

Dewan guru juga ikut membeli dagangan siswa sembari memberi semangat kepada siswanya yang sedang praktik kewirausahaan ini.

“Dipilihnya jajan tradisional ini merupakan upaya memperkenalkan makanan khas Indonesia yang beraneka ragam. Jangan sampai generasi milenial tidak kenal jajan Indonesia sebaliknya yang diketahui jajan dari luar negeri “tutur Enny Susiana, M.Pd. koordinator P5.

Secara terpisah salah satu guru IPA Ali Mahrus, S.Pd menyatakan bahwa kegiatan P5 ini melatih siswa untuk bergotong royong, berfikir kritis dan kreatif. “Terbukti semua hiasan, dekorasi stand dan packing dikerjakan langsung oleh siswa,”tuturnya diakhir wawancara.

Foto bapak ibu guru sedang berbelanja jajanan tradisional
Foto bapak ibu guru sedang berbelanja jajanan tradisional

Kontributor: Ali Mahrus
Editor: Kharisma

Spesial Produk Kopi

Berita Lainnya